SIMULASI UN, BAGIAN DARI LITERASI DIGITAL SEKOLAH…

Rabu dan kamis 05 – 06 Februari 2020 di SMAN 8 Mataram telah dimulai kegiatan simulasi dalam mempersiapkan kelas XII menghadapi UN yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan, sebagian menggunakan HP android dan sebagian lagi berada di Lab Komputer SMAN 8 Mataram. Ada beberapa ruang kelas terjadi pergeseran tempat belajar, karena sinyal yang harus terjangkau sehingga kelas XII yang tempatnya agak jauh didekatkan. Setiap ruang simulasi dilengkapi dengan teknisi serta pengawas, untuk mengontrol sewaktu waktu jaringan bermasalah , dari kegiatan ini tampak tampilan hasil dari literasi digital yang digalakkan pemerintah, para siswa dan guru dituntut mampu memamhami lika liku digitalisasi dalam era globalisasi serta keterbukaan informasi ini.
Literasi di Indonesia sudah menjadi gerakan, diantaranya Gerakan Literasi Nasional, salah satunya Literasi Digital, yang menurut Paul Gilster dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy (1997 ) , diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer, maka kegiatan simulasi yang masih berlangsung pagi kamis ini untuk kelas XII di SMAN 8 Mataram bisa dikatagorikan sebagai bagian literasi Digital.
Semoga simulasi hari ini, kendala lambatnya jaringan telah diperbaiki sehingga simulasi bisa berjalan dengan lancar dan sukses .